Cara Memasang atau Mengganti Senar pada Biola

Gimana sih rasanya punya biola sendiri? So pasti seneng lah ya kan? Hal ini sama seperti yang saya rasakan saat ini. Setelah lama belajar kurang lebih satu tahun pakai biola milik sahabat Biola Indonesia yang udah saya anggap seperti saudara saya sendiri karena kebaikaannya. Dan setalah lama menabung juga akhirnya saya dapat memiliki sebuah biola dari jerih payah sendiri selama bertahun-tahun menabung demi sebuah biola yang bagus. Dan akhirnya saya bisa memilikinya sekarang.

Karena biola baru dan pingin mendapatkan hasil suara yang maksimal juga akhirnyapun saya membelikan satu set senar merk Paramount lupa seri berapa dengan harga Rp70.000-,. Alasan saya membeli senar ini ada beberapa hal yang membuat saya tergerak untuk membelinya salah satu diantaranya yaitu harga yang terjangkau (karena budged sedang low untuk keadaan sekarang, hehehe) dan penasaran dengan hasil suara yang dihasilkan.

Akan tetapi semua itu jauh dari harapan yang ada dipikiran saya. Suara yang dihasilkan jauh dari yang saya harapkan. Karakter dari senar ini pas digunakan untuk biolaku seperti orang yang sedang kena flu (sengau) dan tidak cocok di telingaku. Mungkin inilah yang dinamakan "Ada Harga Ada Barang". Tetapi bukan berarti senar ini jelek untuk biola yang lainnya karena karekter biola berbeda antara yang satu dengan yang lainnya. Terus apa merk senar yang bagus dan terjangkau?

Namun, pada kesempatan kali ini saya tidak akan membahas tentang merk senar yang bagus untuk biola karena saya sendiri belum mencobanya satu persatu. Pada artikel kali ini saya ingin membagikan sedikit ilmu tentang cara mmasang atau mengganti senar pada  biola.

Mengganti senar pada biola memanglah sangat mudah. Namun hal ini akan terasa sulit untuk orang yang masih awam sekali terhadap biola.

Sebelum masuk kelangkah-langkah kita persiapkan terlebih dahulu senar dan biola yang mau diganti senarnya.

Adapun langkah-langkahnya  Cara Memasang atau Mengganti Senar pada Biola  :


1. Kenduran senar dengan cara memutar peg dengan arah berlawanan jarum jam (ke kiri).

Cara mengendurkan senar
2. Apabila senar sudah kendur selanjutnya lepas senar satu persatu

Contoh senar yang sudah kendur

3.  Ambil senar dan buka dari plastik pembungkusnya.
Senar biola

4. Pasanglah kepala senar di fine tuner atau lubang senar yang ada pada tail piece. Pastikan kepala senar masuk kedalam celah.
Cara memasang senar pada tail piece
5. Lalu masukan ekor senar pada lubang peg. Selanjtnya putar peg searah jarum jam (ke kanan)
Memasukan senar pada lubang peg

6. Kemudian dilanjutkan dengan senar yang lain.
Senar yang sudah terpasang pada tail piece
7. Apabila senar sudah terpasang dengan benar maka langkah selanjutnya adalah memasang bridge.
8. Pemasangan senar telah selesai. Selanjutnya stem senar pada nada-nada yang telah ditentukan.
Itulah langkah-langkah cara mengganti senar biola dengan mudah. Semoga bermanfaat dan bisa membantu sobat-sobat sekalian.
 

0 comments

Post a Comment