Cara Mengatasi Tuning Peg yang Terlalu Licin dan Keset

Menggeluti dunia musik itu tidaklah semudah membalikkan telapak tangan. Salah satunya dunia musik cabang String. Kali ini saya akan membahas suatu masalah yang sering terjadi pada alat musik string yang dimainkan dengan cara digesek. Dimana banyak orang awam yang bertanya-tanya bagaimana sih cara mengatasi Tuning Peg pada biola yang terlalu licin maupun terlalu keset.
Sumber google.com
Tuning Peg yang terlalu licin memang sangat mengganggu ketika sedang bermain biola, selain mengganggu kita juga harus sering-sering menstem ulang nada-nada yang berubah akibat dari peg yang terlalu licin ketika akan memainkannya.
Bukan hanya peg yang terlalu licin tetapi banyak juga yang mengeluh karena pergnya terlalu keset sehingga mengalami kesusahan ketika menstem biola maupun ketika memasang senar biola.
Namun tidak perlu khawatir untuk kalian-kalian yang mengalami masalah-masalah diatas. Banyak sekali cara untuk mengatasi masalah tersebut. Namun disini saya tidak akan menyebutkan semuanya melainkan tips-tips yang bisa kita lakukan untuk menangani masalah tersebut dengan alat atau bahan yang ada disekitar kita.
  • Untuk peg yang terlalu licin.

Bagi kalian yang mengalami masalah tersebut kalian bisa menanganinya dengan beberapa cara yaitu diantaranya :
Yang pertama dengan KAPUR. Kapur biasanya digunakan untuk tulis-menulis disekolah. Selain berguna untuk tulis-menulis kapur juga bisa dimanfaatkan untuk membuat peg pada biola kita supaya tidak terlalu licin.
Cara menggunakan :
  1. Lepas peg dengan cara memutarnya kearah kiri.
  2. Bersihkan ujung peg dengan kain lap.
  3. Ambil sedikit kapur lalu oleskan pada lubang peg maupun ujung peg secukupnya. Jangan terlalu banyak untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.
  4. Pasang kembali peg seperti semula.
Cara yang kedu yaitu dengan ROSIN. Rosin pada biola biasanya digunakan untuk bow yang bertujuan agar bow tidak licin dan bisa mencekram senar biola. Namun jika Anda tau, selain untuk bow rosin juga bisa digunakan untuk membantu dalam menangani peg yang licin.
Cara menggunakan :
  1. Lepas peg dengan cara memutarnya kearah kiri.
  2. Bersihkan ujung peg dengan kain lap.
  3. Ambil sedikit pecahan rosin atau serbuk rosin lalu oleskan pada lubang peg maupun ujung peg secukupnya. Jangan terlalu banyak untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.
  4. Pasang kembali peg seperti semula.
  • Untuk peg yang terlalu keset

Bagi kalian yang mengalami masalah tersebut kalian bisa menanganinya dengan beberapa cara salah satunya dengan pensil. Lagi-lagi alat tulis menulis yang biasa kita gunakan sehari-hari bisa kita gunakan sebagai penolong kita selagi peg kita mengalami masalah. Lalu bagaimanakah caranya?
Caranya tetap sama dengan cara menangani kasus diatas, yaitu :
1. Lepas peg dengan cara memutarnya kearah kiri.
2. Bersihkan ujung peg dengan kain lap.
3. Ambil pensil sudah diserut sebelumnya dengan peruncing pensil lalu arsirkan pada lubang peg maupun ujung peg secukupnya. Jangan terlalu banyak untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.
4. Pasang kembali peg seperti semula.

Dan untuk yang terakhir menggunakan alat seperti pada gambar dibawah ini :


1. Yang untuk membesarkan lubang peg namanya "violin peg reamer" (Seperti Bor)
2. Yang seperti penyerut pensil tapi buat peg itu namanya "violin peg shaver"

Reamer sebenernya dipake luthier utk peg box biola yang baru jadi yang bentuknya masih silinder terus dibuat agak kerucut, sehingga untuk biola yang peg box nya sudah kerucut alat ini jarang digunakan. Shaver juga digunakan untuk membentuk peg yg masih lurus (silindris) menjadi kerucut, & biasanya peg yang masih baru.
Ke-2 alat ini harganya cukup mahal, bisa jadi seharga biola china. Pengganti ke-2 alat ini yg cukup murah yaitu sandpaper / amplas
Mungkin cukup sampai sini tips yang bisa saya berikan. Semoga bisa membantu masalah yang dialami kalian saat ini. 
Sumber : http://trisuryoanggoro.blogspot.com/2017/06/Masalah-tuning-peg.html

0 comments

Post a Comment